Makhluk Misterius di Dermaga Bristol: Alien, Ubur-ubur, Hoax?

Makhluk Misterius di Dermaga Bristol: Alien, Ubur-ubur, Hoax?

sumber: http//liputan6.com
Sesosok makhluk misterius terlihat di Pelabuhan Bristol, Inggris. Bentuknya memanjang mirip cumi-cumi atau ubur-ubur. Yang aneh, ia mengeluarkan cahaya yang berpendar di permukaan air yang gelap. Warna hijau, biru, ungu.


Sontak kemunculannya jadi pusat perhatian. Orang-orang di sekitar pelabuhan yang awalnya takjub, lalu cepat-cepat mereka mengeluarkan kamera dan ponsel untuk merekamnya.
Salah satunya Alex Gordon-Lennox. Pria 22 tahun itu menjadi saksi mata penampakan makhluk itu. "Dia mengambang di pelabuhan. Aku belum pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya," kata dia," seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (6/12/2013).
"Saya melihatnya berkedip dari kejauhan, sangat terang," kata Alex, yang malam itu sedang keluar dengan beberapa temannya.
Dia mengaku melihat obyek misterius itu berenang lamban, dan akhirnya menghilang. "Bentuknya agak seperti ubur-ubur atau cumi-cumi. Menakjubkan."
Video makhluk misterius itu diunggah ke YouTube dan Twitter, dibumbui klaim sejumlah orang yang mengaku telah melihat alien. Lainnya mempertanyakan apakah hewan itu lari dari kebun binatang.
Andrew Spooner, seorang software engineer, mengunggah foto makhluk itu dalam Twitter. "Makhluk aneh berenang di sekitar #bristol harbour. Seperti alien...," tulis dia. "Makhluk itu terlihat organik, bergerak mengikuti alian air. Lebih mirip makhluk hidup ketimbang hasil karya seseorang yang ingin meniru ubur-ubur."
Ada juga yang menduga, legenda makhluk dari Bristol -- Banksy -- ada kaitannya dengan kemunculan obyek aneh itu. Atau jangan-jangan, itu hanya instalasi seni yang hanyut di air atau kerjaan iseng seseorang yang menyebar berita bohong di dunia maya alias hoax.
Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti apa persisnya binatang itu. Dan apakah ia dalam kondisi hidup atau mati.
Saat dikonfirmasi, sejumlah ahli biologi kelautan mengaku bingung. Salah satunya Dr Steve Simpson, dari School of Biological Sciences, Bristol University yang mengaku tak tahu apa gerangan penampakan itu.
"Sangat menarik, tapi aku benar-benar tak tahu apa itu," kata dia. "Ada kemungkinan itu adalah ubur-ubur jenis tertentu atau salp (sejenis plankton)."
Yang makin membuatnya tak biasa, kata Simpson, adalah fakta bahwa ia muncul di tengah area yang ramai manusia.
Namun, "ada sejumlah hewan laut yang punya kemampuan menerangi secara biologis. Mampu membuat tubuh mereka bersinar," tambah dia. "Sangat mungkin makhluk laut terbawa ke pelabuhan oleh badai. Atau berusaha untuk berlindung dari badai laut."
Ada dugaan lain. "Entah ini binatang yang menarik atau ulah seseorang yang meniru hewan laut," kata Dr Simon.